Header Ads

Jagalah Alam Sekitar Karena Akan Berdampak Kepada Kita Sendiri

STOP MERUSAK ALAM KARENA AKAN MERUGIKAN KITA SENDIRI


Tanpa kita sadari apa yang kita lakukan akan berdampak pada alam. Hal kecil contohnya adalah membuang sampah. Walaaupun hanya sebungkus plastik permen itu akan merusak alam kita. Bisa kita lihat bumi perlu waktu yang tak sedikit untuk menghancurkan sampah plastik.

Serangan Ulat bulu atau Tomcat yang akhir akhir ini sering kita lihat di televisi atau surat kabar itu adalah dampak dari ketledoran manusia yang memperlakukan alam seperti alam ini miliknya sendiri. Jika tempat tinggal para hewan rusak maka hewan akan pergi mencari tempat yang banyak makanannya dan tempat yang layak ia tinggali. Sasaran utamanya adalah tempat pemukiman penduduk.

Jika hewan sudah tinggal di daerah pemukiman penduduk apa yang akan terjadi ? lama lama akan berkembang biak. Bahkan ada juga hewan yang berkembang biak sangat pesat sehingga sangat merepotkan manusia.

Kalau kita ingin mencermati apakah perilaku hewan itu salah? Tentu saja tidak hewan tidak dibekali akal pikiran seperti manusia. Ia bergerak sesuai keinginannya mencari makanan, berkembang biak untuk melangsungkan kehidupannya.

Contoh sederhana dari rantai makanan. 

Produsen ( Tumbuhan ) > Konsumen 1 ( Ulat ) > Konsumen 2 ( Burung ) > Konsumen 3 ( Ular ) > Pengurai


Jika kita ambil contoh dari data diatas kita bisa menyimpulkan bahwa salah satu rantai makanan hilang maka akan berdampak kepada tingkatan selanjutnya.

Contoh lagi : 

Jika manusia menangkap burung demi mendapatkan uang siapa yang akan memakan ulat..?? jawabannya tidak ada, maka populasi ulat bulupun akan meningkat sehingga mengakibatkan lonjatan dalam populasi dalam jumlah yang besar. Dan bila burung tinggal sedikit populasinya maka ular akan makan apa ?? tidak makan apa apa = Co.id dan lama lama ular pun akan punah.

Di era globalisasi seperti sekarang ini manusia akan melakukan apa saja untuk melangsungkan hidupnya. Entah menggunakan cara apapun termasuk mengganggu dan merusak alam sekitar yang akan berdampak pada manusia itu sendiri. Sebenarnya tidak apa apa manusia memanfaatkan alam demi melangsungkan hidupnya namun tidak harus berlebihan serta harus memperhatikan dampak yang akan terjadi.

3 komentar:

  1. iya setuju, tapi.. sepertinya tidak mungkin kalau kita tidak sama sekali ikut andil dalam merusak lingkungan, cuma kalau bisa ya diminimalisir aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob. . sadar atau gk kita juga gk tw apakh yg kita lakukan itu berdampak buruk trhadap alam. . :-)

      Hapus
  2. halooo saya dataaangg... nice post juga nih, kalo boleh interupsi, yang dikasih akal pikiran kan manusia aja ya, kalo hewan mah cuma akal aja tanpa pikiran.. hehehe,,,

    Mangaph kalo salah yeee..

    BalasHapus

Baca Dulu !
- Jika ada link rusak silahkan hubungi saya Report Broken Link
- Mau request Game, Software, Atau tanya tanya bisa klik di kolom Request
Insya Allah saya bantu semampu saya
^^

Diberdayakan oleh Blogger.